images 17

Sambut Ramadhan, PKPS Ingatkan Penerapan Daur Ulang

SURABAYA – Bulan suci Ramadhan telah kembali. Umat Islam menyambutnya dengan suka cita. Namun, ada yang perlu diwaspadai di bulan penuh rahmat ini. Yaitu potensi peningkatan volume sampah.

Ketua PKPS Surabaya, Nur Rahmad Ahirullah mengharap masyarakat tetap dapat menjaga lingkungan. Dengan cara menerapkan konsep daur ulang.

“Volume sampah dalam bulan puasa biasanya meningkat tajam. Kecenderungan itu terjadi karena tingkat konsumsi masyarakat meningkat,” ujar Ketua PKPS Surabaya yang akrab disapa Nara itu.

Menurut dia, di bulan puasa umat muslim akan banyak menggunakan wadah dan untuk keperluan konsumsi. Baik saat belanja bahan makanan maupun saat membeli makanan siap saji.

20200423 163956 0000203178395

“Kita nanti bisa lihat di bulan puasa penggunaan kantong plastik, styrofoam, sedotan dan wadah maupun kemasan segala macam akan meningkat. Semua untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Maka daripada melarang lebih baik mendorong masyarakat menerapkan daur ulang. Pokoknya jangan buang sampah sembarangan dan ayo laksanakan daur ulang,” terang Nara.

Nara juga menyampaikan harapannya agar Ramadhan 2020 ini menjadi momentum masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mendaur ulang sampah. Baik sampah anorganik maupun sampah organik.

“Selamat menyambut Ramadhan pada umat Islam. Tetap jaga lingkungan dan ayo daur ulang sampah bersama PKPS Surabaya,” tandasnya. (kka)

Leave comment

Subscribe to our Newsletter!

Sign up to receive environmental news and updates!

dev