2020 04 27 20.25.31

Peduli Covid-19, PKPS Berkolaborasi Daur Ulang Styrofoam  & PS-6

MAKASAR – Pengelola sampah di Makasar, Sulawesi Selatan mengalami kondisi yang sama dengan di Pulau Jawa. Pandemi Covid-19 menyebabkan usaha mereka melemah.

Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS) Makasar berinisiatif untuk membantu para pengelola sampah tersebut. “Saya sudah berkoordinasi untuk bagaimana membantu pemulung, pelapak, bank sampah dan pengelola sampah lainnya,” ujar Unidek, Ketua PKPS Makasar pada PKPS News.

Salah satu upaya membantu para pengelola sampah tersebut di antaranya adalah bekerjasama dengan PKPS Surabaya. Yaitu dalam program daur ulang styrofoam dan PS-6. “PKPS Surabaya sudah bekerjasama dengan produsen styrofoam dan PS-6. Kami tinggal menyambungkan saja,” ungkapnya.

img 20200427 wa0005 251173893

Sementara itu Nur Rahmad Ahirullah, Ketua PKPS Surabaya mengaku senang inisiatif PKPS Makasar. “Ini fungsi jejaring antar PKPS. Kami saling bekerjasama. Terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini,” terang Nara – sapaannya.

Menurut Nara kerjasama PKPS Surabaya dan PKPS Makasar dalam daur ulang styrofoam dan PS-6 saat ini sangat tepat. Sebab saat ini hanya eks-sampah styrofoam dan PS-6 yang harganya masih bagus dan stabil. “Sementara material daur ulang lain harganya sedang terpuruk,” ujarnya.

“Kami sangat bersyukur PT. Kemasan Ciptatama Sempurna sebagai penerima, konsisten menghargai eks-sampah styrofoam dan PS-6 meski dalam kondisi pandemi dan krisis seperti ini,” lanjut Nara.

Dijelaskan, saat ini PKPS Surabaya sedang memproses kesepahaman dan kontrak kerja dengan calon mitra di seluruh Indonesia. Baik dengan PKPS di lain kabupaten/kota maupun pengelola sampah lainnya. (kka)

Leave comment

Subscribe to our Newsletter!

Sign up to receive environmental news and updates!

    dev