IMG 20200522 WA0004

Yaksindo dan #GiF Segera Tata Persampahan Kota Tegal

TEGAL- Dalam waktu dekat Yayasan Kelola Sampah Indonesia (Yaksindo) dan Green Indonesia Foundation (#GIF) akan melaksanakan program tata kelola sampah perdana pasca Covid-18. Yaitu, menata pengelolaan sampah di Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Salah satunya dengan membentuk PKPS Tegal.

img 20200522 wa0004 1589384811
Dari kiri: Asrul (GiF), Resti Drijo Prihanto (Kadis LHD Kota Tegal), Dedy Yon Supriyono (Walikota Tegal), Wahyudi Sulistya (owner PT. Kemasan Ciptatama Sempurna Surabaya) Dan Muhammad Jumadi (Wakil Walikota Tegal)

Program itu sesuai dengan rencana yang dicanangkan pada 3 bulan lalu saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020. Di mana telah dilaksanakan pertemuan antar bank sampah se Kota Tegal dan dilaksanakan penyerahan simbolis bantuan alat convaktor styrofoam oleh Owner PT. Kemasan Ciptatama Sempurna, Wahyudi Sulistya didampingi oleh Direktur Green Indonesia Foundation (#GiF), Asrul Hoesein.

Untuk diketahui, keduanya merupakan pembina dan pengawas di Yaksindo serta pembina PKPS Surabaya.

Mirip Wuhan, Pemkot Tegal Akhiri Lockdown

Kota Tegal yang sebulan lalu masih termasuk dalam Zona Merah, kini pulih menjadi Zona Hijau kembali. Sampai saat ini, tercatat warga Kota Tegal yang positif covid-19 sudah mencapai angka Nol Kasus.

Memperhatikan dan menimbang keadaan tersebut, penerapan PSBB di Kota Tegal yang sudah berlangsung selama dua tahap, yaitu tahap I (22 April-6 Mei 2020) dan Tahap II (7 Mei-22 Mei 2020) tidak lagi diperpanjang sejak Jumat (22/5) ini.

Kota Tegal memang mendahului PSBB Pemerintah Pusat, sehingga dulu dapat protes, tapi duet Dedy – Jumadi tidak peduli. Tetap bergerak melindungi rakyat Kota Tegal dari pandemi Covid-19. “Waktu itu GiF berada di Kota Tegal pada HPSN 2020 mendampingi PT. Kemasan Ciptatama Sempurna menyerahkan bantuan comvaktor styrofoam kepada Pemkot Tegal,” ujar Asrul Hoesein, Direktur #GiF sekaligus pengawas Yaksindo.

Rencananya, lanjut Asrul, Pemkot Kota Tegal akan mengakhiri pemberlakuan PSBB dengan melakukan penyemprotan desinfektan massal pada hari Jumat siang ini (22/5), rencana dengan menggunakan pesawat Helikopter.

Kemudian pada malam malam harinya ada acara apel penutupan yang akan dimeriahkan oleh bunyi sirene dan kembang api.

Tegal Dipimpin Dua Pemuda Hebat

img 20200522 wa0003 489340289
Asrul Hoesein bersama Walikota Tegal

“Berdasarkan pengalaman mengenal Walikota dan Walikota Tegal lebih dekat, saya sangat kagum pada dua anak muda pemimpin Tegal. Saya sangat kagum atas kolaborasi keduanya. Yg sangat indah dipandang mata,” puji Asrul.

Pria asal Bone, Provinsi Sulawesi Selatan itu menjelaskan, Walikota dan Wakil Walikota Tegal menggabungkan kondisi modern dan tradisional dalam melakukan inovasi dan berani berbeda untuk tujuan bersama.

“Insya Allah pasca lebaran GiF dan Yaksindo dengan dukungan PT. Kemasan Ciptatama Sempurna akan berduet dengan Kota Tegal menata sampah disana. Tunggu kolaborasi kami dengan Walikota Dedy dan Wakil Walikota Jumadi. (kka)

Leave comment

Subscribe to our Newsletter!

Sign up to receive environmental news and updates!

dev