2020 06 19 10.32.24

Jaringan PKPS Produksi Briket Sampah Skala Nasional dan Export

Direktur Green Indonesia Foundation (GiF), sekaligus peletak ide Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS), Asrul Hoesein angkat bicara soal briket sampah yang mulai diproduksi. Menurut dia, teknologi briket sampah akan menjadi keniscayaan Indonesia dalam pemenuhan energi berbasis sampah.

“Saya sangat bangga di PKPS begitu kreatif dalam upaya pengelolaan sampah. Briket sampah betul-betul akan menjadi solusi pengelolaan sampah di Indonesia, sekaligus menghasilkan energi,” ungkapnya.

Dijelaskan, “tantangan” Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar sampah dikelola menjadi energi selain listrik telah dijawab oleh PKPS. “Saya sudah melihat dan membuktikan sendiri hasil briket sampah produksi PKPS itu. Data dari proses panjang uji coba sangat bagus,” terangnya. (Foto: Asrul mencoba kinerja salah satu mesin produksi briket sampah)

2020 06 19 09637599127.

Pria Bugis itu menyatakan, briket sampah produksi PKPS tersebut sangat kompatibel dengan kebutuhan industri sebagai energi. Bukan hanya kebutuhan industri dalam negeri, tapi juga kebutuhan industri luar negeri. “Kita bisa expor briket itu,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan industri yang besar itu, Asrul yakin hanya jaringan PKPS yang bisa memenuhinya. “Karena jaringan PKPS ada dan terbentuk di kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Kita pasti bisa!” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah melalui riset selama kurang lebih 4 bulan, PKPS Surabaya akhirnya berhasil membuat teknologi baru. Sesuai “tantangan” KPK, PKPS mengarah pada produksi briket sampah untuk kebutuhan industri.

“Hasilnya sangat memuaskan. Bahkan, lebih dari ekspektasi kami. Alhamdulillah, tantangan KPK bisa kami jawab,” kata Nara semringah. (kka)

Leave comment

Subscribe to our Newsletter!

Sign up to receive environmental news and updates!

dev