2020 06 19 10.33.04

PT KCS Dukung PKPS Produksi Massal Briket Sampah

Banyak pihak sependapat tentang peran penting briket sampah untuk memenuhi kebutuhan non listrik Indonesia. Utamanya untuk memenuhi kebutuhan industri.

Hal itu disampaikan oleh Pembina PKPS yang juga merupakan owner PT. Kemasan Ciptatama Sempurna (KSC) Wahyudi Sulistya. Selama ini, Wahyudi (sapaannya) telah secara langsung mendampingi PKPS dalam penelitian produksi briket sampah.

“Ini seusai saran KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Yaitu, menjadikan sampah sebagai energi selain listrik. Briket sampah lah yang paling sesuai dengan anjuran KPK, agar pengelolaan sampah tidak merugikan negara,” tegas Wahyudi.

Menurut Wahyudi, briket sampah produksi PKPS telah lolos uji coba di bawah pantauannya secara langsung. “Saya tidak main-main soal ini. Semua diseriusi agar jadi solusi sampah Indonesia,” ungkapnya. (Foto: Wahyudi memantau proses pembuatan briket sampah)

2020 06 19 10 1144050470.

Wahyudi menyatakan komitmennya untuk mendukung PKPS memproduksi secara massal briket sampah. Dia yakin sistem dan jaringan yang dibangun PKPS di seluruh Indonesia akan memenuhi kebutuhan bahan baku briket.

“Saya siap mem-back up PKPS di seluruh Indonesia agar sama-sama memproduksi briket sampah ini. Teknologi dan formulanya kan sudah ada, tinggal disebar ke semua PKPS,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah melalui riset selama kurang lebih 4 bulan, PKPS Surabaya akhirnya berhasil membuat teknologi baru. Sesuai “tantangan” KPK, PKPS mengarah pada produksi briket sampah untuk kebutuhan industri.

“Hasilnya sangat memuaskan. Bahkan, lebih dari ekspektasi kami. Alhamdulillah, tantangan KPK bisa kami jawab,” kata Nara semringah.

Sementara itu, Direktur Green Indonesia Foundation (GiF), sekaligus peletak ide Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS), Asrul Hoesein menyatakan briket sampah akan menjadi solusi pengelolaan sampah di Indonesia, sekaligus menghasilkan energi.

Pria Bugis itu menyatakan, briket sampah produksi PKPS tersebut sangat kompatibel dengan kebutuhan industri sebagai energi. Bukan hanya industri dalam negeri, tapi juga industri di luar negeri. “Kita bisa expor briket itu,” katanya.

“PKPS sangat bisa memenuhi kebutuhan briket sampah untuk industri dalam maupun luar negeri. Sebab, jaringan PKPS ada di kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Kita pasti bisa!” tegasnya. (kka)

Leave comment

Subscribe to our Newsletter!

Sign up to receive environmental news and updates!

dev